THE ROLE OF TEACHER PERFORMANCE ASSESSMENT (PKG) ON TEACHERS PERFORMANCE AT SMKN 2 JEMBER

Dian Narulita Tristina, Suwignyo Widagdo, Murtadlo Murtadlo

Abstract


The purpose of this researchwasto identify and analyze the aspects of Teacher Performance Assessment (PKG, in Indonesian language is Penilaian Kinerja Guru) on teacher’s performance. The hypothesis of this researchreads the aspects of teacher performance assessment (PKG) partially significant effect on teacher’s performance. The population in this researcharecivil servant teachers of SMKN 2Jember. This research used a Simple Random Samplingtechniquesince the sampling was done randomly without regarding to strata contained in the population and the whole population are teachers of SMKN 2 Jember. The samples in this researchare71civil servant teachers in SMKN 2 Jember. Data collection methods used in this research are observation, interview, questionnaires and documentation. The implications of the findings of this study may contribute to the development of science and for practitioners. The result of this research was to improve the teacher’s performance, then the aspects of PKG should be improved. This was in accordance with the concept of human resources. Some suggestions can be given was the results of this study indicate that aspects of the Teacher Performance Assessment (PKG) gave significant effect on performance partially.

Full Text:

PDF

References


Arif dan Farid. 2011. Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja, Disiplin Kerja dan Kompensasi dengan Kinerja Pegawai. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol. 12, No. 1, Juni 2011.

Baihaqi ,Muhammad Iqbal .2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Ma A’arif Selorejo Blitar. Jurnal Konstruktivisme, Vol. 7, No. 2, Juli 2015: FKIP Universitas IslamBalitar,Blitar

Dharma, Agus. 2003. Manajemen Supervisi:Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor.

Edisi Revisi. Cetakan kelima. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati, Mohamad.2009. Analisis SEM dakamUjiPengaruhBeberapaVariabelTerhadapLoyalitas, KajianBerbasisRisetpadaDebiturKredit Usaha Kecil.Jakarta: MitraWacana Media.

Depdikbud. (2012). Buku Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gering Supriyadi, 2003., Budaya Kerja Organisasi Pemerintah, Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan I dan II, Lembaga Administrasi Negara.

Gering, Supriyadi dan Triguno. 2001. Budaya Kerja Organisasi Pemenrintah.. Jakarta. Lembaga Administrasi Negara.

Hasibuan, Malayu SP. 2008. ManajemenSumberDayaManusia. Jakarta: PT. BumiAksara

Hasibuan, Malayu SP. 2005. ManajemenPrestasiKerja. Jakarta: Rajawali

Istianto, Bambang. 2011. Manajemenpemerintahandalamperspektifpelayananpublik.Jakarta: Raja GrafindoPersada

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2012). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru: Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 2. Diunduh dari www.slideshare.net/purdiyanto/penilaian-kinerja-guru-pkg diakses tanggal oktober 2016 pukul 11:08.

Lathifah, Zahra Khusnul 2016. Pengaruh Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) di Kecamatan Ciawi Bogor Jawa Barat.Tesis Program Pascasarjana. IAIN Surakarta.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ndraha, Talidziduhu. (2005). Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta

Ndraha, Talidziduhu. (1997). Budaya Organisasi. Jakarta : PT Rineka Cipta

Pramono, Harry.2012. Pengaruh Sistem Pembinaan, Sarana Prasarana Dan Pendidikan Latihan Terhadap Kompetensi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Di Kota Semarang . Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 29 Nomor 1 tahun 2012. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang

Rivai Veithzal. 2008. Kepemimpinan dan Perikaku Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Riyadi, Slamet. 2011.PengaruhKompensasiFinansial, Gaya Kepemimpinan, danMotivasiKerjaTerhadapKinerjaKaryawanpadaPerusahaan Manufaktur di JawaTimur.Surabaya :Universitas 17 Agustus 1945

Sugiono.(2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, fan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti,2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen PNS. Bandung: PT. RefikaAditama.

Siagian,P.Sondang.2007.Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke 15.Jakarta: PT.BumiAksara

Sugiyono. 2012. MetodePenelitianBisnis.Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 2010.StatistikuntukPenelitian, Bandung: Alfabeta

Suryani, Susi. 2013.PengaruhBudayakerjaTerhadapKinerja Guru dalam Proses BelajarMengajarSekolahMenengahAtas Dan Kejuruan di KecamatanPrambanan.Skripsi Program StudiManajemenPendidikan. UNY

Soetopo, MeitaPragiwani. 2016. Pengaruhkepemimpinan, pendidikandanpelatihanMotivasikerja, danbudayaorganisasiTerhadapkompetensidankinerja guru. Jurnal STEI Ekonomi Volume 25 – Nomor 1, Juni 2016.SekolahTinggiIlmuEkonomi Indonesia

Sadar. 2015. HubunganPersepsi Gaya KepemimpinanKepalaSekolah Dan EfikasiDiriDenganKinerjaGuru.Tesis program magister psikologisekolahpascasarjana :Universitasmuhammadiyah Surakarta.

Syafaruddin, (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Ciputat.Press

Saifuddin Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wursanto, Ig., (2002). Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi Publisher

Yukl, Gary. 1998. Kepemimpinan dalam Organisasi Leadership in Organizations 3e. Jakarta:Prenhalindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.